Fresh From The Steamer: Bolu Kukus Mingkem First Trial

image

Udah lama banget rasanya aku ga bikin-bikin kue. Semenjak pindahan rumah dan dadah muah sama oven. Semenjak rajin terima orderan cupcakes dan berakhir dengan bolak-balik tipus dan akhirnya ga dibolehin jualan cupcakes lagi. Semenjak jadi betah jalan-jalan. Ah, semua itu hanya alasan. Bilang aja kalau males bikin adonan kue, Yan!

Dan entah kapan itu mas Met tiba-tiba nyeletuk, “Udah lama ih ga makan bolu kukus. Kangen juga.” Oke, aku anggap itu adalah kode “minta dibikinin kue”. Sebagai istri yang senang banget kalau bisa bikin makanan yang diminta suami (maklum aja, suami ku ini jarang banget rewel soal makanan, enak ga enak pasti ditelen), langsung deh belanja bahan-bahan keperluan untuk bikin bolu kukus. Tapi di hari itu juga….. Klontrang! Kukusan kesayangan yang emang udah tua jatuh, pecah, dan  nyiram air panas ke kaki  mba di rumah. Kukusan gantinya adalah bonus dari pembelian mixer yang lupa keluar dari kardusnya. Bentuknya agak susah dibungkus kain untuk menghindari tetesan airnya. Hm…yang ada gagal mengkrok dong nanti bolu kukus nya. Langsung ilfeel rasanya.

“Di, bikin bolu kukus mingkem aja. Bagus tau,” saran kakak sepupu ku waktu aku curhatin soal takut gagal bolu kukus nya.

“Eh, mana ada bolu kukus mingkem itu bagus, Teh. Yang ada artinya kena kutukan bolu kukus.”

Ga lama, kakak sepupu ku itu mengirimkan foto-foto bolu kukus mingkem yang ternyata emang bagus. Bolu kukus karakter nama lainnya. Brosing-brosing resepnya dan jadilah trial pertama aku hari ini. Voila!!!
image

Cuma 3 dari 9 bolu kukus yang berhasil. Ahahahaha not bad lah. Besok-besok dicoba lagi deh. Kemungkinannya karena api nya terlalu besar. Well, yang ajaib dari bolu kukus ini adalah, rasanya dulu itu kalau bikin bolu kukus takut banget kalau ga mekar. Karena bolu kukus cantiknya kalau tertawa ngakak.  Tapi sekarang justru bolu kukus mingkem ini malah jadi lucu dan digambar aneka karakter.

image

Resep yang aku pakai dapat dari sini:

http://www.dianacahya.com/2013/03/17/character-bolu-charbol

Character Bolu (CharBl) by Diana Cahya

Bahan:

  • 140 gr tepung terigu
  • 1,5 sdt baking powder
  • 110 gr gula halus
  • 2 telur
  • 75 ml susu cair
  • vanili
  • 1 sdt SP
  • pewarna makanan, sesuai kebutuhan

Cara:

  1. Panaskan kukusan
  2. Aku menggabung semua bahan dan langsung diaduk pakai mikser sampai adonan terasa kental.
  3. Bagi adonan, tergantung mau jadi berapa warna. Kasih pewarna.
  4. Masukan ke cetakan bolu kukus, isi mau seperti apa.
  5. Kukus selama 10 menit. Aku tadi pakai api besar 5 menit, dan sedang 5 menit (besok-besok aku coba api sedang aja 10 menit).

Gimana? Berminat coba bikin juga? Yuk mari bikin adonan bolu kukus ini. Aku juga belum kapok kok. Masih pengen naklukin bolu mingkem ini.

Yang masih semangat mencoba,

DianRavi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s