Review : Gramedia Matraman, My Favorite Place in Jakarta

I love books. I love the moment when you open one and sink into it you can escape from the world, into a story that’s way interesting than yours will ever be.

– Elizabet Scott

Dari kecil aku udah akrab banget dengan yang namanya toko buku. Mamih, panggilan aku buat nenek dari mama, suka menceritakan kunjungannya ke Jakarta saat mama ku lagi di rawat di rumah sakit. Saat itu kalau ga salah usia ku masih 2 tahun. Dengan suara yang masih cadel aku menyambut kedatangan nenek ku sambil berkata “Mamih, mama sakit. Ayo ke mama dan ke toto butu”. Yup! Aku menyebut toko buku dengan toto butu.

Membaca adalah hobi dari kecil yang sampai sekarang masih aku nikmatin. Toko buku adalah surga dunia ku. Ketika papa ku offshore dengan jatah di lapangan dan di rumah masing-masing 2 minggu, aku selalu memanfaatkan kehadiran papa di rumah dengan menemaniku ke toko buku. Biasanya kalau ditemenin papa aku boleh beli buku bacaan bahasa Inggris. Kala itu aku sekitar kelas 4 SD. Komik terbitan elex media pun menjadi sahabat terbaik aku kala SD sampai SMA. Uang jajan ketika SD rela aku tabung sepenuhnya demi sebuah komik setiap minggu nya (Dulu harga komik Elex Rp 3.000, sama dengan uang jajan satu minggu aku). Atau ketika aku dapat jatah uang becak, aku rela jalan kaki biar uangnya aku tabung, lagi-lagi, buat beli buku.

Sejak SMA, Gramedia Matraman selalu menjadi tempat pelarian aku. Betah banget menghabiskan waktu tenggelam diantara rak-rak buku. Bacaan yang aku suka itu random. Kadang novel sastra , kadang teenlit, kadang novel romance macam Harlequin, metropop, buku pengembangan diri, dan yang belakangan rajin aku beli adalah buku traveling dan kerajinan tangan.

Biasanya aku ke toko buku tanpa ekspektasi apa yang akan dicari. Masuk toko buku, susurin lorong-lorong rak buku sambil liat-liat judul buku, cover yang menggoda mata, dan dilanjuti dengan membaca ringkasan dibelakangnya. Baru abis itu dipertimbangkan beli atau ga nya.

Kenapa Gramedia Matraman jadi favorite aku? Karena besaaaaar sekali. Bayangin aja, satu gedung toko buku sendiri. Total ada 4 lantai. Makanya kemarin ketika aku mulai memikirkan rencana keluar dari Jakarta, salah satu yang bakal aku rindukan ya pasti Gramedia Matraman ini.

Belum pernah ke Gramedia Matramam? Jadi penasaran pengen mencoba berburu buku di Gramedia Matraman? Yuk, kunjungin aja:

Gramedia Matraman

Jl Matraman 46-50, Jakarta TImur

Twitter: @gramedmatraman
image

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s