Waskito Goes To TMII #plushietraveling #menulisjakarta

image

“Pada hari kamis kuturut ambu ke kota. Naik kereta gantung muter-muter taman mini, ” nyanyi riang Waskito.

Halo, nama aku Waskito, plushie buatan Cemprut yang diadopsi sama pemilik blog ini, yang aku panggil ambu alias ibu dalam bahasa Sunda.

Kamis kmaren aku diajak ambu buat main ke Taman Mini Indonesia Indah. Kata ambu kalo mau keliling Indonesia dalam satu hari cukup ke TMII aja yang terletak di timur kota Jakarta. Segala tentang Indonesia nya lengkap. Wah Waskito ga sabar pengen cepet-cepet sampai. Tapi ambu sibuk, jadi baru menjelang siang Waskito berangkat.

image

Kata ambu tiket masuk TMII @Rp 10.000, plus mobil Rp 10.000. Dan Waskito sih udah pasti gratis, kan boneka.

Ga jauh dari gerbang TMII Waskito melihat miniatur nya monas. Semoga suatu hari Waskito diajak ke Monas yang asli ya.

image

image

Tempat pertama yang dituju adalah Museum Indonesia. Letaknya ga jauh dari miniatur Monas tadi. Tiket masuk Rp 15.000 dan tambahan Rp 5.000 buat kamera.

image

Museum ini terdiri dari 4 lantai. Lantai 1 bertemakan Bhineka Tunggal Ika, isinya memperlihatkan keanekaragaman Indonesia, mulai dari pakaian adatnya, alat musik, dan wayang. Di Lantai 2 yang bertemakan Manusia dan Lingkungan kita bisa melihat beraneka alat transportasi dan upacara adat. Lantai 3 adalah ruang Seni dan Karya, dimana aku puas melototin kain batik dari berbagai daerah. Dan yang terakhir lantai 4 adalah menara pandang, sayang aku ga bisa masuk karena di tutup. Celingak celinguk ambu mau nanya petugas ga ada yang tampak di atas. Pas nanya di bawah ternyata tinggal kita naikin aja rolling door nya. Boleh kok. Tapi ya kali udah terlanjur turun males naik naik lagi. Mungkin lain kali.

Waskito terkesima liat alat musik yang kerang besar. Kira kira gimana cara mainin alat musik itu ya.

image

Keluar dari Museum Indonesia, Wakito nemenin ambu makan siang di bawah terminal C kereta gantung.

image

Rp 25.000 untuk satu porsi ayam bakar dan Rp 8.000 untuk mineral water.
image

Yukkk saatnya naik kereta gantung. Ambu penasaran pengen bikin foto istana anak-anak dari atas katanya. Ini juga yang jadi alasan ambu ngajak aku main ke TMII selain buat proyek #menulisjakarta.

Harga tiket naik kereta gantung Rp 40.000 Sst… Ambu ketakutan sendiri pas naik kereta gantung. Rupanya ambu takut ketinggian. Tenang ambu, ada Waskito menemani disini. Udah gitu ternyata ambu salah naik kereta gantung nya. Ambu naik dari terminal C yang ternyata jalur nya ga cukup deket sama Istana Anak-Anak. Jadinya abis dari terminal C aku diajak naik lagi yang dari terminal A. Asikkkk naik double.

image

image

image

Kereta gantung itu warna nya lucu-lucu ya. Ceriaaaa
image

Dan ini dia hasil inceran ambu:
image

Puas naik kereta gantung sampai 2 kali aku diajak ambu bermain ke anjungan-anjuangan Indonesia. Anggap aja jelajah Indonesia. Kalo tadi di Museum Indonesia aku diajak liat pakaian adat dan kebudayaan, sekarang bisa liat rumah-rumah adatnya langsung.

image

image

image

Tapi baru sampai angjungan Bali tau-tau ujan turun deres. Aku pun dibawa berteduh di salah satu pendopo di anjungan Bali itu.

image

Karena ujan nya makin deres dan hari tambah sore. Mau ga mau udah waktunya pulang. Hickssss padahal aku masih pengen jalan-jalan. Tadi pas liat dari atas Taman Mini itu luas sekali. Semoga ambu akan berbaik hati ngajak aku lagi kesini. (tolong diaminin yaaaaa)

Salam plushie traveling

Waskito

Leave a Reply

